Pemkab Muarojambi Bakal Latih Puluhan Orang Cara Penguburan Jenazah Covid-19

Sebanyak puluhan orang akan dilatih Standart Operasional Prosedur (SOP) pemakaman jenazah  protokol Covid-19. Pelatihan ini diajukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muarojambi.

Pemkab Muarojambi Bakal Latih Puluhan Orang Cara Penguburan Jenazah Covid-19
Kepala Pelaksana BPBD Muarojambi M Zakir (ist)

BRITO.ID, BERITA MUAROJAMBI - Sebanyak puluhan orang akan dilatih Standart Operasional Prosedur (SOP) pemakaman jenazah  protokol Covid-19. Pelatihan ini diajukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muarojambi.

"Kita akan ajukan pelatihan sebanyak 20 orang yang terdiri dari TRC BPBD, TNI Dan Tagana Sosial yang nantinya akan dilatih oleh Tim Tekhnis dari Dinas Kesehatan dan Tim Teknis dari BPBD sendiri, agar dalam pelaksanaan pemakaman itu nantinya, sesuai dengan protokoler dan  SOP Pemakaman Covid-19," sebut M Zakir Kepala Pelaksana BPBD Muarojambi Selasa (21/4/20).

Pelaksanaan pelatihan cara memakamkan Jenazah sesuao protokoler Covid-19 akan dilaksanakan di Kantor BPBD Muarojambi selama satu hari. 

"Pelatihannya Insha Allah satu hari cukup," katanya.

Selain diberikan pelatihan, kata Zakir mereka yang bertugas melakukan pemakaman terhadap jenazah sesuai protokoler Covid-19 ini nantinya akan dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri APD lengkap.

"Petugas ini nantinya akan dilengkapi dengan pakaian APD level tiga setara dengan pakaian dokter," cetusnya.

Ditambahkannya, tidak hanya dilakukan pelatihan, petugas pemakaman jenazah Pasien Covid-19 ini, juga akan diasuransikan.

"Kita kan tidak tau apa yang akan terjadi di lapangan, jadi keselamatannya juga kita pikirkan. Mereka itu juga diasuransikan," katanya.

Kepala BPBD M Zakir berharap dengan adanya pelatihan ini, petugas pemakaman dapat bekerja sesuai dengan SOP Protokol Pemakaman Covid-19, serta terhindar dari ancaman penyebaran Virus Corona.

"Semoga kita semua dijauhkan dari virus ini dan Covid-19 ini bisa segera berlalu," pungkasnya.

Penulis: Raden Romi

Editor: Rhizki Okfiandi