Calon Paskibraka 2020 di Sarolangun Terancam Tak Bertugas, Ini Alasannya

Terkait adanya Surat Edaran (SE) dari Sekneg RI, yang menyatakan bahwa tahun ini pengibaran bendera hanya tiga orang, dan diminta memakai anggota paskibra pada tahun sebelumnya.

Calon Paskibraka 2020 di Sarolangun Terancam Tak Bertugas, Ini Alasannya
Proses Pengibaran Benda di Sarolangun (ist)

BRITO.ID,BERITA SAROLANGUN- Terkait adanya Surat Edaran (SE) dari Sekneg RI, yang menyatakan bahwa tahun ini pengibaran bendera hanya tiga orang, dan diminta memakai anggota paskibra pada tahun sebelumnya. 

Maka secara otomatis, pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di Kabupaten Sarolangun tahun 2020 dalam perayaan 17 agustus nanti, terancam tidak melaksanakan tugas.

"Kalau untuk anggota Paskibraka sudah kita rekrut sejak bulan awal Maret lalu sebelum covid-19 mencuat, dan sudah siap dilatih untuk bertugas," Kata Muhammad Idrus, Kadisparpora Sarolangun(20/07/2020)

Dan untuk menindaklanjuti hal ini, katanya, pihak Disparpora masih melakukan kordinasi dengan pihak Provinsi dan Pusat. 

"Kami masih menunggu petunjuk dari Provinsi bagaimana tindaklanjutnya, terutama dengan anak-anak Paskibraka yang sudah  terpilih tahun ini," ujarnya.

Katanya, anggota Paskibraka yang terpilih dan bertugas di Kabupaten sebanyak 33 orang, dan yang lulus ke Provinsi ada empat orang. Jika memang mereka resmi tidak bertugas pada 17 Agustus mendatang, maka pelatihan terpaksa dihentikan dan mereka gagal bertugas.

"Kalau sudah resmi tidak bertugas, tidak akan kita latih dulu, kami masih menunggu petunjuk dari Provinsi, karena info yang kami terima pihak dari Provinsi akan koordinasi dulu ke pusat terkait surat dari Sekneg RI,"ungkapnya. 

Sedangkan untuk kejelasan terkait dipakainya tiga orang Paskibraka, Ia mengaku sudah berkoordinasi. Walaupun tiga anggota yang sudah bertugas di tahun sebelumnya ditugaskan kembali, mereka akan tetap dilatih selama tiga minggu sebelum bertugas.

"Kalau yang tahun kemarin tinggal melatih sebentar, karena sudah paham dan teruji. Kalau yang sekarang memang belum kita latih, karena jadwal pelatihannya 3 minggu sebelum bertugas, biasanya kita asramakan dari tanggal 1 - 20 Agustus. Dan saat ini belum kita rapatkan, nanti kita panggil dulu anak-anak yang akan tugas," pungkasnya.

Penulis: Arfandi S
Editor: Rhizki Okfiandi